Apa yang dilakukan saat stres? Kalau aku makan. Semakin banyak yang dipikirin, semakin tertekan, semakin pengen makan.

Apa lagi kalau stresnya tinggi banget dan aku merasa sangat marah, pasti semakin pengen makan. Terutama makanan yang keras-keras. Rasanya saat mengunyah makanan itu bisa melampiaskan sebagian dari emosi.

Soal stres dan kepengen makan ini aku coba cari penjelasan ilmiahnya. Mungkin saat berpikir keras, produksi asam lambung meningkat. Perut jadi terasa perih dan lapar. Ini analisaku sendiri (yang bukan seorang dokter).

Tapi soal pilihan makanan yang keras-keras untuk melampiaskan emosi aku belum menemukan jawabannya. Mungkin kalau mengunyah makanan yang keras kita bisa mengeluarkan energi lebih banyak. Gigi juga bisa menggeluk lebih kuat dan terasa kremus-kremus  (susah menjelaskan kata-kata ini).

Kalau lihat orang-orang yang stres, banyak persoalan, sedih  jadi nggak doyan makan trus mengurus dan semakin kurus, aku sering iri. Kok bisa ya? Mengapa aku justru sebaliknya?

So, jangan bikin aku stres dan sedih ya… Aku nggak mau jika anakonda yang melilit pinggangku ini semakin besar.

